Skip to main content

Bimbel Online Ruangguru, Berikan Kualitas Pendidikan Sama Rata dengan Fitur ruangbelajar



Bimbel atau bimbingan belajar sudah tidak asing lagi di telinga para pelajar Indonesia. Meski kegiatan belajar mengajar di sekolah sudah dilakukan selama delapan jam lima hari dalam satu minggu (full day school) tetap saja bimbel sepertinya merupakan kebutuhan pokok yang memang harus dipenuhi. Bukannya menganggap kegiatan belajar mengajar di sekolah kurang efektif, tapi memang tidak dapat dipungkiri bahwa kualitas setiap guru di Indonesia belum sama rata.

Latar pendidikan boleh saja sama dari lulusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Biologi, Pendidikan Geografi, dan jurusan kependidikan lain dari berbagai Universitas ternama di Indonesia. Tapi apakah hal tersebut bisa menjamin kualitas lulusannya yang kemudian menjadi guru untuk memberikan pengajaran terbaik bagi siswanya? Belum tentu, tidak semua guru berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil yang telah melewati serangkaian seleksi yang bisa menjadikan salah satu jaminan bahwa kualitasnya bisa dibilang baik karena telah tersaring dari ribuan pendaftar. Tapi belum tentu juga dalam praktiknya semua guru mau memberikan kemampuan secara maksimal untuk memberikan pengajaran yang terbaik entah guru yang berstatus PNS maupun belum.

Berbeda halnya guru dengan status lain yang mungkin memang diperbantukan untuk mengajar di sekolah yang sulit diakses lokasinya, sekolah darurat, atau yayasan yang dibentuk karena tidak adanya sekolah di suatu wilayah. Mungkin keterbatasan-keterbatasan fasilitas, akses informasi, dan lainnya akan menjadi penghambat guru-guru tersebut dalam memberikan pengajaran yang terbaik bagi siswanya.

Padahal setiap siswa di Indonesia benar-benar berhak untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan fasilitas terbaik untuk menunjang aktivitas belajarnya. Sebagai bagian dari masyarakat, terlalu memakan waktu yang lama ketika keresahan-keresahan ini sekadar dielukan, yang sebenar-benarnya dibutuhkan adalah sebuah solusi. Siswa-siswi di Indonesia tidak akan berhenti sekolah sembari menunggu pendidikan di negeri ini menjadi benar-benar baik secara menyeluruh.

Berbicara solusi, Ruangguru adalah salah satu jawabannya. Misinya untuk memberikan kualitas pendidikan yang terbaik dan sama rata untuk seluruh siswa di Indonesia sudah nampak jelas. Melalui salah satu fiturnya yaitu ruangbelajar dengan tutor atau Master Teacher yang berkualitas, penggunanya akan disuguhkan dengan fasilitas belajar yang begitu modern dan lengkap. Kurikulum yang tersedia juga sangat lengkap mulai dari KTSP, Kurikulum 2013, dan Kurikulum 2013 Revisi sehingga penggunanya bisa menyesuaikan dengan kurikulum di sekolah masing-masing. Fasilitas yang bisa didapatkan dalam fitur ruangbelajar adalah video belajar, latihan topik, rangkuman, bank soal, rapor belajar, dan rekomendasi belajar untuk semua mata pelajaran pokok Ujian Nasional ditambah dengan materi Hidup Sehat Yuk, RG Inspire, Beda Itu Keren, Yuk Cerdas Berinternet, dan bahkan ada ruangngaji untuk kelas 4-6 SD, 7-9 SMP, 10-12 SMA IPA dan IPS, serta persiapan UTBK SBMPTN.
Tampilan utama fitur ruangbelajar di aplikasi Ruangguru

Mari kupas satu-persatu pada tiap fasilitas yang disediakan Bimbel Online terbaik di Indonesia ini melalui salah satu fiturnya yaitu ruangbelajar. Pertama adalah video belajar, kalau biasanya bimbel dilakukan dengan datang ke tempat bimbel kemudian masuk ruang kelas bersama siswa lain dan mendengarkan tutor menjelaskan materi, berbeda halnya dengan video belajar yang ada di fitur ruangbelajar ini. Pengguna atau siswa bisa melakukan bimbingan belajar secara online melalui telepon pintar dengan menonton video belajar yang ditampilkan dalam durasi maksimal 10 menit pada tiap topik pembahasan melalui tutor atau Master Teacher yang sangat ahli di bidangnya yang menjelaskan dikombinasikan dengan animasi yang memudahkan siswa untuk memahami materi. Jangan khawatir ketika dirasa video belajar yang ditampilkan kualitas suaranya kurang baik, penjelasannya terlalu cepat, atau hal lain yang tidak sesuai, pengguna bisa memberi masukan secara langsung dengan klik laporkan pada bagian bawah video belajar. Pada video belajar juga terdapat timeline video yang memuat informasi tentang pada menit berapa pembahasan mengenai materi A, B, atau C yang tentunya memudahkan penggunanya untuk mengulang materi tertentu.

Timeline video belajar yang ada dalam fitur ruangbelajar aplikasi Ruangguru, terdapat juga pilihan like, dislike, dan laporkan

Kemudian setelah siswa memahami materi melalui video belajar yang ditonton selanjutnya akan diarahkan untuk mengerjakan kuis dari materi yang telah dipelajari. Baik salah atau benar dalam menjawab kuis, siswa tetap akan mendapat pembahasan secara lengkap mengenai jawabannya. Setelah itu siswa juga akan mendapat rangkuman belajar dalam bentuk infografis yang bisa diunduh untuk kemudian bisa dijadikan acuan belajar untuk mengingat materi yang telah dipelajari melalui video belajar dan kuis yang dikerjakan. Tidak berhenti pada pengerjaan kuis saja untuk memastikan bahwa siswa benar-benar paham dengan materi pelajarannya. Siswa akan dibawa pada Latihan Topik yang terbagi dalam tingkatan jenis soal mudah, sedang, sulit, dan HOTS (Higher Order Thinking Skills) dengan masing-masing tingkatan terdapat 10 butir soal pada tiap materi pelajaran. Masih sama, benar atau salah siswa tetap akan mendapatkan pembahasannya.

Pembahasan tiap soal yang sudah dikerjakan dalam fitur ruangbelajar aplikasi Ruangguru
Merasa sudah yakin dengan penguasaan materi setelah menonton video belajar, mengerjakan kuis, mendapat rangkuman belajar, dan mengerjakan latihan soal hingga tingkatan HOTS? Buktikan lagi dengan mengerjakan kumpulan soal yang ada di bank soal! Terdapat kumpulan soal Tryout untuk mata pelajaran pokok Ujian Nasional mulai dari paket soal UTS Semester Ganjil dan Genap, UAS Semester Ganjil dan Genap, dan paket soal Ujian Nasional untuk semua kurikulum mulai dari kelas 4-6 SD, 7-9 SMP, 10-12 IPA dan IPS, serta persiapan UTBK SBMPTN. Saat mengerjakan soal juga diberi batasan waktu layaknya sedang melaksanakan ujian di sekolah, begitu juga dengan melewati soal dan kembali pada halaman soal yang belum dikerjakan. Tetap sama, setiap akhir pengerjaan paket soal akan mendapatkan pembahasan soalnya. Selain itu, pengguna juga akan mendapatkan rekomendasi belajar yang berisi tentang pada materi apa saja yang harus dipelajari lagi sehingga pengguna bisa mengetahui di materi mana yang belum dikuasai. Rapor belajar juga akan didapatkan secara rutin yang juga dikirimkan ke alamat email orang tua dari siswa pengguna ruangbelajar sehingga orang tua tetap bisa mengetahui perkembangan belajar anak.

Rekomendasi belajar setelah mengerjakan Tryout dan Rapor hasil belajar pada fitur ruangbelajar aplikasi Ruangguru

Bimbel Online Ruangguru
begitu lengkap dan mudah digunakan untuk seluruh siswa di Indonesia. Tinggal unduh aplikasi Ruangguru di telepon pintar, membuat akun, dan tinggal pilih fitur mana yang akan digunakan. Berkaitan dengan fitur ruangbelajar yang sudah dijelaskan, pengguna bisa mengaksesnya secara gratis untuk beberapa layanan. Kalau ingin lebih maksimal dan bisa mengakses seluruh materi dan kumpulan soalnya, pengguna bisa berlangganan paket ruangbelajar sesuai dengan kelasnya. Tersedia paket ruangbelajar untuk 1 Bulan, 1 Semester, 1 Tahun Ajaran, 2 Tahun Ajaran, 1 atau 2 Tahun Ajaran Plus untuk jenjang SMA, dan Paket Persiapan UTBK SBMPTN. Saat sudah berlangganan paket belajar, pengguna bisa mengakses semua mata pelajaran yang ada dalam satu jenjang, semua jurusan, dan semua kurikulum. Misalnya pengguna berlangganan paket ruangbelajar 1 Tahun Ajaran kelas 10 IPA Kurikulum 2013, maka saat membuka fitur ruangbelajar pada aplikasi Ruangguru pengguna secara otomastis bisa mengakses semua materi yang ada di kelas 10, 11, dan 12 baik IPA maupun IPS untuk semua kurikulumnya.

Berbicara mengenai berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk berlangganan paket ruangbelajar, secara angka benar-benar terjangkau dibandingkan dengan biaya bimbel konvensional pada umumnya yang bisa mencapai angka jutaan untuk durasi bimbel satu bulan, sedangkan paket ruangbelajar dari Bimbel Online Ruangguru biayanya hanya ratusan ribu rupiah untuk durasi 1 Tahun Ajaran. Itu pun belum termasuk kode diskon yang tersedia hingga mencapai 60% dari harga semula. Mengenai harga, selengkapnya bisa dibaca di https://ruangguru.com/belajar



Comments

Popular posts from this blog

Jadi Buronan!

Hai, gue Jul. Hari ini tanggal merah dan gue gak kerja, maksudnya libur. Aktivitas gue hari ini adalah main bareng sama rekan kerja satu tim. Makan sama karaoke, udah. Setelah itu balik ke kos, skiping 1000 kali, baca novel yang ternyata ceritanya bikin gue bosen, dan cerita masa kecil gue sama mbak sepupu. Nah sekarang gue mau bahas bagian cerita masa kecil. Jadi gue lahir dan tumbuh di sebuah kelurahan yang ada di salah satu Kabupaten Jawa Tengah. Masa kecil gue ternyata penuh dengan hal-hal yang menantang. Dulu gue lebih banyak bergaul sama cowok yang pada akhirnya membuat gue merasakan tantangan-tantangan keren. Salah satunya adalah dikejar-kejar sama tetangga gue pada waktu jam tiga dini hari. Berawal dari keikutsertaan gue menjadi salah satu tim ronda yang bangunin sahur pas bulan ramadhan. Seinget gue itu pas zaman kelas 6 SD dan gue satu-satunya cewek di situ. Kalo lo bertanya-tanya apakah orang tua gue mengizinkan kegiatan tersebut jawabannya adalah boleh gak boleh. Bisa d

Perkenalan

Hai, gue Jul. Sebenernya gue udah punya blog yang berisi tips dan cerita receh. Tapi gue bikin blog lagi yang akan diisi dengan curhatan acak gue. Kenapa gue gak curhat di blog yang pertama? Alasannya adalah biar orang yang kenal sama gue gak tau kalo gue curhat di blog, udah gitu aja. Hahaha. Gue juga yakin gak akan ada yang baca postingan gue di blog yang sekarang ini sih. Udah nama blognya aneh juga kan, nah maka dari itu, gue adalah satu-satunya pembaca blog ini wqwqwq. Gak ngerti kenapa, makin ke sini gue makin sungkan buat curhat ke orang tua, adek gue, temen-temen gue, dan gue bukan tipe orang yang bisa curhat di akun sosial media secara terang-terangan. Jadi beberapa waktu terakhir postingan di twitter gue ya cuma celotehan tersirat dan retweet yang mewakili perasaan gue. Udah ya? Idih kocak banget dah nulis sendiri baca sendiri hahaha. Oke misalpun ada yang baca blog ini selain diri gue sendiri, lo bisa hubungin di whatsapp nol delapan sembilan tujuh lima sembilan tiga no